Kamis, 31 Maret 2016

BAGAIMANA PELANGI TERBENTUK ?


Hujan turun rintik-rintik pagi itu. Namun matahari tetap memberikan sinar hangatnya ke bumi. Tanpa sengaja aku tengadahkan wajah ke langit biru. Wooowwww..... Lengkungan pelangi menghiasai desaku. Indah sekali warna-warni pelangi. Bagaimana pelangi terbentuk ?

Di udara terdapat banyak butiran air yang beterbangan, tetapi tidak terlihat oleh mata, Setelah hujan turun dan matahari bersinar, butiran-butiran air itu akan terkena sinar matahari. Bila butiran air dan sinar matahari bertemu, sinar akan mengalami pembiasan dan pemantulan. Fenomena sinar yang berbelok disebut pembiasan, sementara sinar matahari yang bergerak lurus lalu membentur unsur lain dan memantul kembali disebut pemantulan. Oleh karena itu, pelangi dapat terlihat dengan jelas setelah hujan turun.

Selain itu, bila malam hari hujan turun dan bulan bersinar terang, maka pada malam hari pun kita dapat melihat pelangi.

Mengapa pelangi memiliki warna-warni yang indah ? Sinar memang tidak dapat dilihat oleh mata, tetapi jika bertemu dengan butiran air maka akan muncul warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila  dan ungu yang membentuk warna-warna pelangi. Perbedaan warna yang kita lihat disebabkan karena adanya perbedaan indeks bias.

Kamu juga dapat membuat pelangi sendiri di rumah. Sediakan seember air dan cermin kecil. Celupkan cerminmu ke dalam air dengan posisi menerima cahaya matahari dan pantulkan ke dinding rumahmu. Lihatlah warna-warni indah pelangi terbentuk di sana.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan....

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar.... Jangan lupa pakai kata-kata yang baik dan sopan ya.... Terima Kasih